Kamis, 31 Maret 2016

Tips Mengetahui Ciri Mutiara Asli | Pengamatan Mutiara Asli Secara Visual

Tips Mengetahui Ciri Mutiara Asli | Pengamatan Mutiara Asli Secara Visual



Mengetahui Mutiara Asli Secara Visual


.
Berpikir dan berencana untuk membeli Mutiara ???  Memiliki perhiasan dari mutiara ???  Beberapa cara mudah dan sederhana dapat anda lakukan untuk mengetahui mutiara asli. Pelajari tentang cara mengetahui mutiara asli secara pengamatan visual yang sederhana. Hal ini perlu anda pelajari agar anda tidak jatuh pada mutiara palsu (mutiara imitasi).
.
Tes Visual (Visual Test)

.

1. Cari Ketidaksempurnaan Kecil. Perlu kita ketahui bahwa mutiara asli itu jarang yang sempurna, sesempurnanya mutiara laut mereka pasti akan terdapat semacam spot kecil atau "penyimpangan kecil lainnya" (real pearls are only rarely "perfect") —Lapisan mutiara terluar (Nacre) memiliki sinar pantulan berbeda pada bagian lekukan tertentu, sedangkan mutiara palsu sinar pantulannya sangat mencolok dan terlalu sempurna rata pada bagian permukaannya, juga bentuk mutiara palsu yang bulat sempurna dan tidak menunjukan identitasi ketidaksempurnaan.
.


  • Untuk kesempurnaan bentuk pada mutiara asli tidak sesempurna bulatnya pada mutiara palsu, namun jika dilihat secara visual mata (tanpa suatu alat pengukuran canggih), mutiara laut asli terlihat bulat sempurna, namun jika dibawa dan di cek di laboratorium pengecekan maka bulatnya mutiara laut asli tidak sempurna 100 %.
.
Mengetahui Mutiara Asli Secara Visual
.
2. Periksa Sinar Luster . Luster adalah daya pantul lapisan terluar mutiara, sinar kemilau khas yang mengidentifikasikan kekhasan "batu permata mutiara". Kilau mutiara adalah bagian tertentu pada mutiara yang menggambarkan (memantulkan) keindahan dan kemurnian  mutiara, suatu bagian yang membuat mutiara sangat indah, Kilau mutiara sebagai kekhasan sinar mutiara, jika anda melihatnya secara dekat maka bisa dijadikan refleksi untuk anda nikmati sendiri.
.


  • Catatan untuk pengetesan ini adalah jika mutiara yang anda cek memiliki kualitas yang sedang - kurang (low grade) maka notabene sinar luster dan pantulan nacrenya tidak optimal, maka disarankan untuk melakan tes lainnya (Multi Test).
.
Mengetahui Mutiara Asli Secara Visual
.
3. Periksa Ketebalan Nada (Overtone) . Mutiara yang baik dan berkualitas adalah salah satunya memiliki ciri overtone yang bagus, overtone adalah ketebalan nada warna halus pada mutiara, indikatornya overtone yaitu  se-macam sinarnya (cahaya hits-nya) keluar dari bagian dalam lapisan mutiara, peristiwa dan kondisi seperti ini yaitu "efek nada" seperti overtone ini tidak mudah diduplikasi, tidak bisa ditiru oleh mutiara palsu, mutiara yang dibuat oleh mesin pabrikasi seperti mutiara shell, mutiara kristal, dll.  Jadi jika mutiara anda memiliki overtone, yaitu semacam bayang-bayang sinar efek dana yang keluar dari bagian dalam permukaan mutiara, maka disinyalir mutiara anda adalah mutiasa asli, sebagai contoh jika mutiara laut warna putih biasanya memilii overtone berwarna gading dan rose, tetapi selain dari warna itu dapat berpotensi apalagi pada warna mutiara laut yang notabene gelap.




  • Catatan : Untuk pengetesan ini diperlukan ketelitian khusus, maka jika hasil test anda pada mutiara tidak memiliki nada overtone dan anda ragu, maka bisa dilakukan cara pengetesan lain.
.
Mengetahui Mutiara Asli Secara Visual
.
4. Cari Petunjuk di Sekitar Lubang Bor . Mutiara yang sudah di bor yang hendak dijadikan perhiasan macam giwang, anting, cincin dan atau bahkan kalung full mutiara, yang mengharuskan butir mutiara-nya harus dibor tembus terlebih dahulu, pada bagian sekitar lubang bor-nya (bekas bor mesin jarum-nya) dapat kita amati dan pelajari untuk mengetahui apakah mutiara tersebut asli atau palsu. Adapun untuk identifikasi pengecekannya meliputi :
.


  • Ketika di bor mutiara tersebut akan tercium aroma kerang, suatu bau amis seperti kerang mutiara yang ada diPerairan Laut. Apalagi jika serbuk/bubuk bekas bor nya tersebut kita usap pakai tangan lalu kita cium, maka aroma khas kerang mutiara laut nya akan semakin terasa.
  • Mutiara laut asli ketika dilakukan pengeboran maka tekstur dan kontruksinya kokoh, artinya tidak mudah retak/pecah/belah, berbeda dengan mutiara palsu atau shell, rata rata jika dilakukan bor sering terjadi keretakan / pecah pada bagian yang dilakukan pengeboran.
  • Mutiara asli ketika bekas bos jarumnya kita periksa, maka akan terlihat batas lapisan antara permukaan mutiara dan bagian dalam mutiara (nacre dalam) yang relatif tebal, mutiara palsu akan terlihat semacam lapisan seperti menguliti (membungkus) bagian butir mutiara-nya relatif tipis, dan terlihat seperti terkelupas sedikit terpisah pada bagian lubang bor nya (seperti lapisan cat).
.
Mengetahui Mutiara Asli Secara Visual
.

Demikianlah beberapa kiat dan cara sederhana untuk mengetahui ciri mutiara asli berdasarkan pengecekan visual.
Semoga Bermanfaat. 
Mataram, 20 Maret 2016

.

Penulis

ARIEF RAHMAN HAKIM (Owner OriginalMutiara)

.









.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar