Kamis, 31 Maret 2016

Apakah Mutiara Laut Itu, Dan Bagaimana Terjadinya Mereka ???

Apakah Mutiara Laut Itu, Dan Bagaimana Terjadinya Mereka ???



Apakah Mutiara Laut Itu ???
         Mutiara adalah "permata" organik, sebuah permata yang berasal dari mahluk hidup yaitu kerang mutiara berhabitat di Perairan Laut. Mutiara merupakan suatu keajaiban sang Pencipta-Nya, dengan media habitat dan biotanya sendiri dengan proses alamiah menjadikan mutiara merupakan benda batu permata yang konkresi berkilau. Perlu diketahui bersama, diantara banyak jumlah family moluscca, hanya kerang mutiara jenis pinctada maxima-lah yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan mutiara laut selatan (the quees of pearl), dan Pulau Lombok adalah daerah penghasil mutiara terbesar di Indonesia.
.
.
.
Mutiara adalah
.
 Proses tejadinya mutiara diawali dengan masuknya benda asing pada tubuh kerang, beda asing teresebut dapat berupa : pasir, biota mikro, plankton, nucleus, atau (potongan mantel kerang), dengan masuknya benda asing tersebut membuat suatu resfon kesakitan dari kerangnya, yang menyebabkan sekresi mengeluarkan "cairan kristal" yang dikenal dengan nama "Conchiolin" adalah protein berserat yang membentuk bagian dalam dari cangkang tiram/kerang, lapisan ini melapisi bagian mantel dan mengikat nacre bagian dalam tiram secara bersama-sama, nacre adalah lapisan internal dari cangkang tiram, yang mana proses ini merupakan bakal calon mutiara, seiring berjalannya waktu bertahun-tahun maka proses sekresi dan pelapisan membentuk dan terjadinya butir mutiara laut yang beraneka ragam bentuknya. 
.
Apakah Mutiara Laut Itu ???
.
Perlu digaris bawahi bahwa mekanisme dan kronologis masuknya 'benda asing" ke dalam tubuh kerang tersebut dibedakan ke 2 cara proses, yaitu proses pertama karena alamiah (tanpa ada campur tangan/treatment manusia) dan proses yang lainnya adalah dengan campur tangan manusia, yang dikenal dengan istilah "Operasi" Nukleus, adapaun teknik ini ditemukan pertama kali oleh Pria berkebangsaan Japan, Mikimoto..
..
Apakah Mutiara Laut Itu ??? Dan Bagaimana Terjadinya
.
Kedua cara masuknya benda asing tersebut dalam proses pelapisan inti mutiara-nya tidak begitu membedakan secara prinsipel, kedua cara tersebut sama-sama membentuk mutiara dengan "Nacre-kerang-nya, nacre disebut juga "Mother Of Pearl" ibu-nya dari mutiara, terdiri dari bahan kristal aragonit, merupakan bahan utama dalam atom komponen yang mengatur pola keteraturan permukaan mutiara yang simetris. Kristal aragonit yang berjajar simetri dalam pelapisannya membuat efek prismatik sebagai cahaya penggerak pada setiap lapisan inti mutiara. Efek prismatik ini memiliki peran dan kontribusi untuk kualitas yang memantulkan cahaya mutiara yang dikenal nantinya dengan "Kilau (Sinar) & Overtone (Nada warna)" pada mutiara. 
 .
.
Setiap butir mutiara laut yang dihasilkan dari kerang mutiara, itu melalui proses biologis di dalam tubuh kerang/tiram mutiara, dan dari setiap butir mutiara tersebut terdiri dari ribuan komponen dan lapisan conchiolin.  
.
  Demikianlah artikel tentang "Apakah Mutiara Laut Itu ", semoga bermanfaat, memberikan khasanah dan wawasan bagi kita semunya. Kritik & saran tarkait artikel ini kami selalu harapkan.  Data sumber dari : Ministry Of Trade Of The Republic Indonesia. 
.
 Mataram - Lombok, 25 Maret 2016








.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar