Kamis, 31 Maret 2016

Jenis Kerang Penghasil Mutiara Laut Lombok

Jenis Kerang Penghasil Mutiara Laut Lombok



Kerang Penghasil Mutiara Laut Lombok
         Kerang atau tiram adalah mahluk air (biota/hewan air), menurut harfiah dan perundang-undangan, kerang atau tiram termasuk ke dalam kategori ikan, semua mahluk hidup dibawah/dalam air disebut ikan.   Nama lain dari tiram/kerang adalah oyster anggota dari keluarga Ostreidae, kerang termasuk dalam golongan moluska, bertubuh invertebrata yang relatif lunak dari moluska.  Kulit kerang menyelimuti tubuh kerang secara simetris yang menyertakan moluska yang terbuat dari kalsium karbonat dengan bagian dalam mantel yang menutupi tubuh kerang. 
.
Jenis Kerang Penghasil Mutiara Laut Lombok
.
      Dalam kualitas mutiara yang dihasilkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu : Faktor biologis (indukan/bibit kerangnya) dan karakteristik ekologi (lingkungan perairannya), indikator lingkungan yang baik utk kualitas mutiara adalah dasar perairan yang berbatu karang, kurang lumpur dasar, arus gelombang yang lancar mangalir, terhindar dari gelombang ombak yang ekstrim, serta dibutuhkan kelimpahan plankton yang mencukupi dengan komposisi jenis plankton yang dibutuhkan oleh kerang. Selain itu perlu diperhatikan juga "nucleus" untuk inti mutiaranya, karena itu juga faktor yang penting dalam penetuan kualitas dan warna pada mutiara yang akan dihasilkan. 
.
Jenis Kerang Penghasil Mutiara Laut Lombok
.
        Dari sekian banyak jenis kerang mutiara yang ada, hanya beberapa jenis kerang yang mempunyai nilai komersil (berekomonis tinggi), ahli biologi mengatakan bahwa dari 15 genera tiram/kerang, hanya 9 genera tiram/kerang yang memilliki nilai komersil, yang lainnya kurang memberikan nilai komersil atau degan nama lain tidak bisa menghasilkan butir mutiara. 
.
Apakah Mutiara Laut Itu ??? Dan Bagaimana Terjadinya
.
        Dari jenis kerang mutiara yang memiliki nilai komersil tersebut ada salah satunya jenis kerang mutiara yang paling terkenal, dan paling banyak diminati oleh para penggemar mutiara, yaitu jenis kerang mutiara "Pinctada maxima", sekedar infofrmasi bahwa kerang jenis ini merupakan habitat aslinya di Perairan Indonesia, khususnya Pulau Lombok.  Kerang mutiara pinctada maxima ini menghasilkan butir mutiara laut yang terkenal yaitu : mutiara laut selatan, yang dikenal dunia mancanegara dengan sebutan "The Queen Of Pearl" = Ratunya Mutiara, atau juga dengan sebutan "The South Sea Pearl", Mutiara dari Laut Selatan. 
.
Mutiara adalah
.
        Kerang mutiara Pinctada maxima hidup di lautan yang memiliki iklim sub tropis, seperti contohnya jika di wilayah Indonesia adalah : Perairan laut Lombok, Ambon, Arafuru, Papua dan Sulawesi. Habitat penyebaran kerang mutiara di perairan tersebut juga terdapat jenis kerang seperti Pinctada margatifera, Pinctada imbricata, Pinctada fucata. 
.
        Beberapa ciri kerang mutiara pinctada maxima ini memiliki warna yang eksternal cahaya kekuningan-coklat, hijau, cokelat gelap atau ungu. Nacre (bagian yang keras dalam kerang) dikenal dengan Gold-Lip atau Silver, bibir tiram yang mempengaruhi kepada butir mutiara yang langka seperti warna Gold dan silver (abu).  Pada bagian lapisan cangkang tiram meiliki kilau yang kilat, nacre bagian mulut notabene berwarna ke-emas an, ukuran tubuh (DVM) Dorsal Ventral 20 cm hingga 30 cm dengan berat badan maksimal mencapai 6,3 kg (Induk). 
.
.
  Demikianlah artikel tentang " Jenis Kerang Mutiara Laut Lombok ", semoga bermanfaat, memberikan khasanah dan wawasan bagi kita semuanya. Kritik & saran tarkait artikel ini kami selalu harapkan.  Data sumber dari : Ministry Of Trade Of The Republic Indonesia. 
.
 Mataram - Lombok, 25 Maret 2016








.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar