Senin, 28 Maret 2016

Tips Membeli Pehiasan Emas Online | Bagaimana Cara Membeli Perhiasan Emas Via Online

Bagaimana Membeli Perhiasan Emas Via Online ???

Apakah latar belakang kita dalam membeli perhiasan emas ? apakah karena suka dengan modelnya, apakah suka dengan simbol kemegahaannya, apakah suka sebagai penggemar, hobbys, kolektor ? apakah membeli perhiasan emas untuk Investasi ? apapapun alasannya, membeli dan memiliki perhiasan emas adalah pengalaman yang sangat menyenangkan !      .
.
Emas adalah logam mulia yang dari waktu ke waktu mampu mempertahankan nilainya, hal ini terjadi dalam kurun waktu yang sangat panjang dan lama, dari zaman terdahulu bahkan dari zaman Nabi, perhiasan emas sudah diakui nilai dan keberadaannya.
.
Perhiasan emas yang harganya setiap waktu dapat berfluktuatif (berubah), bisa agak murah, bisa agak mahal dari harga standar emas per gram pada saat itu, namun menurut data harga perhiasan emas memiiki trend menaik dari zaman ke zaman, bahkan sebagian orang menjadikan perhiasan emas ini sebagai alat bayar dan benda investasi untuk usahanya.
 .
Tips Membeli Perhiasan Emas Secara Online

.

Harga perhiasan emas dipengaruhi oleh 3 (tiga) faktor, yang Pertama : yaitu harga emas berlaku (up to date) pada saat itu, hal ini merupakan harga yang umum dan standar, karena notabene harga emas mengikuti harga emas pasar Dunia, Kedua : tergantung berat emas pada perhiasan ybs, Ketiga : pada kadar/karat emas yang dipakai, karat atau kadar memiliki pengertian yaitu berapa % (persen) kandungan emas murni dalam perhiasan emas tersebut. hal ini perlu di garis bawahi karena tinggi rendahnya kandungan emas murni pada emas itu sangat berpengaruh pada harga jual perhiasan emasnya. 
.
Seperi pembukaan pada kalimat di atas bahwa membeli perhiasan emas merupakan pengalaman yang menyenangkan!, karena selain dapat menambah penampilan kita menjadi menarik, megah, elegan, juga Perhiasan Emas sebagai simbol kemapanan karena selain untuk mempercantik dari sisi fisikly juga Perhiasan emas jika dilihat dari sisi "bisnis/usaha" maka emas adalah sebagai barang Investasi Efektif, banyak orang kaya gara-gara menyimpan dan sebagai pelaku usaha di bidang emas .  
.
Atas beberapa pemikiran dan tinjauan di atas maka artikel kali ini akan meng-share bagaimana cara membeli perhiasan emas secara online, perhiasan emas adalah perhiasan barang mewah dan mahal, lalu kita lakukan transaksi pembeliannya melalui media online yang secara notabene antara penjual dan pembeli tidak ketemu, tidak saling kenal dan belum pernah berhubungan sebelumnya, maka disini perlu perhatian, pemikiran yang khusus bagi anda selaku calon konsumen.  Di bawah ini akan di-share apa saja yang harus kita perhatikan sebelum deal melakukan order/pembelian emas, akan dibahas juga beberapa tips mudah yang anda dapat lakukan, berikut pemaparannya : 
.
1
Amati dan Cari informasi tentang kadar/karat emas nya pada Perhiasan yang dijual tersebut.  
.


  • di Pulau Lombok perhiasan emas yang dijual umumnya memiliki kadar/karat 22 k, atau setara dengan kandungan emas murni 91,6 %, dibuat secara HandMade (keahlian tangan pengrajin). Calon konsumen diperlukan ketelitan mengetahui kadar emas pada perhiasan yang akan dibelinya, caranya dengan menanyakan langsung pada siPenjual, Tanyakan juga mengenai sistem garansi/jaminan yang akan diberikan si Penjual pada produk emas yang akan dijualnya. 
  • Penjual yang baik dan bijak adalah selalu menerapkan sistem jaminan dan garansi produk yang dijualnya, beberapa contohnya seperti : jika barang (perhiasan emas) kadarnya tidak sesuai yang dideskripsikan (distatementkan) maka konsumen berhak untuk mengajukan komplain/protes dan dilanjutkan dengan proses return dan refund. 
  • Perlu dicarikan informasi lebih lanjut tentang "bandrol" keterangan emas pada Perhiasaan-nya, bandrol emas yaitu secarik kertas kecil yang ada benang merah yang menuliskan kadar dan berat emas pada perhiasan tersebut, biasanya terdapat tulisan "22k", yang perlu ditanyakan adalah "22 k" tersebut berapa kandungan emas murni-nya ? apakah memiliki nilai presentasi 91,6 %, atau lebih muda dari itu semisal 75 %, 60 %, atau bahkan dibawah itu ???  Seperti yang kita ketahui bahwa di beberapa tempat daerah ber-asumsi bahwa perhiasan emas dengan keterangan bandrolnya 22 k, akan tetapi kandungan emas murninya 75 % atau di bawahnya. Hal ini jelas sangat mempengaruhi harga jual perhiasan emas tersebut, dan juga mempengaruhi nilai barang inventasi tersebut jika hendak dijual atau di gadai maka nilai pendapatan dari barang tersebut akan rendah. 
.
Tips Membeli Perhiasan Emas Secara Online
.
2
Pada Jenis Model Tertentu Kadar Emas di Bagian Sambungan Bisa Jadi Lebih Rendah . Sebagian konsumen ada yang melakukan pengecekan sendiri pada perhiasan emas ketika barang sudah sampai ditangannya, hal ini lumrah saja apalagi jika anda baru pertama transaksi dengan si Penjualnya dan belum tahu tentang reputasinya. Penjual yang baik biasanya dalam statementnya mempersilahkan konsumen-nya untuk melakukan pengujian dan pengetesan kadar/karat pada perhiasan emas yang dibelinya, 


  • Sekedar informasi teknis bahwa jika konsumen menemukan kadar emas yang tidak sesuai dengan keterangan si Penjual, yaitu kadarnya lebih rendah setelah dilakukan pengujian (biasanya pengujian dilakukan di Pegadaian, toko emas atau pandai pengrajin perhiasan emas setempat). maka sebagai saran dari kami, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan konfirmasi kepada si Penjual-nya, sampaikanlah tentang ketidak sesuaian ini, dan Penjual yang bijak hendaknya akan memberikan resfon tentang keluhan konsumen-nya dan akan memberikan suatu penjelasan dan klarifikasi, karena bisa jadi ada faktor teknis yang memang itu real (sesuai dengan kebenaran adanya) sehingga menimbulkan ketidak sesuaian yang terjadi.
  • Sebagai contoh pada gelang emas gambar di bawah ini, semisal si Penjual mendeskripsikan/menerangkan bahwa itu emas 22 k (91,6%), dan si Pembeli/Konsumen menerima info dari hasil pengecekan di tempat lain yang mengatakan bahwa itu emas 75 %, hal tersebut bisa jadi sesuatu yang wajar dan lumrah jika kita tinjau dan menurut pengalaman teknis pengrajin. Karena pengecekan kadar emas yang dilakukan pada bagian/bidang permukaan tertentu pada di Perhiasan Emas tersebut, dilakukan secara acak (random), maka secara kebetulan bisa jadi sampel titik yang diambil pengujian kadar emasnya tepat pada bagian sambungan perhiasannya, atau bagian-bagian tertentu yang mana dalam pembuatannya memakai emas yang lebih muda, jika pada bagian itu memakai emas yang tua maka secara teknis tukang pengerjaan itu tidak dapat dilakukan /menyulitkan proses pengerjaannya sehingga imbasnya nanti hasil jadi pembuatannya tidak maksimal. Peristiwa ini terjadi biasanya pada model-model perhiasan emas tertentu yang secara teknis pembuatannya itu tidak bisa pakai emas tua, yang seperti contoh di atas pada bagian-bagian sambungan patri-an, dan bidang lainnya.
.

Bagaimana Membeli Perhiasan Emas Via Online ???
.
3
Menanyakan Tentang Sistem Perhitungan Berat Emas Perhiasannya.


  • Hal ini perlu perhatikan dan ditanyakan sistemnya seperti apa jika perhiasan emas yang anda order bersifart Costumized  (Pesanan tidak ready Stock),  biasanya pesanan seperti ini dibutuhkan waktu beberapa hari hingga minggu untuk dibuatkan oleh pengrajin handmade si Penjualnya. Contoh sistem perhitungan emas adalah seperti rincian estimasi dan perkiraan berat emas yang akan dipakai untuk membuat pesanannya. Penjual yang baik itu ketika ditanyakan konsumen mengenai kebutuhan berat emasnya, maka mereka dapat mene-estimasikannya, sebagai contohnya seperti : Berat emas (gr) untuk pembuatan set perhiasannya, kemudian di kalikan harga emas nya yang update pada saat itu, kemudian biaya ongkos pembuatan untuk pengrajinnya. Untuk mengetahui sistem dan cara perhitungan pesanan emas yang dilakukan di Toko Original Mutiara dapat anda klik tautan ini : Sistem Pesanan Emas & Mutiara Laut.
  • Selain rincian hitungan estimasi pesanan emas-nya, perlu juga ditanyakan informasi tentang cara menghitung batu/permata/zirgon yang dipakai pada perhiasan emasnya, karena selama ini ada 2 (dua) cara yang dipakai, yaitu batu zirgon dhitung secara terpisah dengan emas, misalnya berapa biji yang dipakai batu zirgon-nya lalu di kalikan dengan harga per satuan batu zirgon-nya, kemudian cara kedua adalah penghitungannya dengan digabung dengan berat emas-nya, dengan di timbang secara keseluruhan lalu dikali dengan harga emas-nya. Kedua cara tersebut dalam analisis finansial tidak memiliki perbedaan yang banyak/jauh, maka ke-dua cara tersebut dapat direkomendasikan untuk diapakai dalam cara penghitungannya. 
.
Bagaimana Membeli Perhiasan Emas Via Online ???

.

4
Tanyakan Tentang Sistem Jual-Belinya Ketika Perhiasan Emas Kita Hendak Di Jual Kembali.


  • Perhiasan emas adalah perhiasan yang bernilai, tidak lekang oleh waktu. Nilai trend-nya dengan harga yang terus meningkat, maka perhiasan emas yang sudah anda beli dan miliki, jika anda berkehendak ingin menjual nya kembali maka itu dapat dilakukan, adapun tempat untuk kita menjualnya adalah bisa kepada si Penjualnya, ke Toko Perhiasan Emas setempat anda, ke Pegadaian atau ke relasi anda..
  • Original Mutiara dalam sistem-nya Jual-Beli Perhiasan Emas dapat kami terima beli, artinya perhiasan emas yang telah di order konsumen jika konsumen hendak menjualnya kembali kepada kami maka kami menerima kembali, adapun dengan sistem dan aturan yang berlaku, contohnya : harga emas yang berlaku pada saat penjualan konsumen dilakukan, daya beli/pembelian tanpa potongan biaya/harga. Perlu diinformasikan bahwa toko-toko emas mutiara di Lombok ada sebagian yang menerapkan sistem potongan atau terkenal dengan sebutan "hitungan harga ancur", jika konsumennya menjual kembali perhiasan emasnya walaupun menjualnya ke tempat dimana konsumen beli. 
  • di Oriignal Mutiara menerima penjualan emas yang hendak dijual konsumen, tanpa ada potongan biaya apapun, tanpa terbatas waktu dan periode, Jika konsumen melakukan order emas-nya 10 tahun yang lalu dan sekarang hendak dijual kembali kepada kami maka kami siap menerima, dengan persyaratan nota dan surat-surat yang lengkap sesuai yang kami berikan ketika ordernya.  
  • Menurut data dan pengalaman Toko Original Mutiara, jumlah konsumen yang melakukan penjualan emas atau yang bersifat investasi itu sangat-sangat sedikit, dapat dihitung sekitar 3 s/d 4 orang konsumen yang telah melakukan penjualan perhiasan emas yang telah di ordernya, sedangkan Original Mutiara telah beroperasi dalam kurun waktu 4 tahun. Dari kurun waktu 4 tahun tersebut order yang dilayani Original Mutiara dari konsumen rata-rata dan mayoritas Perhiasan Emas, jika dipresentasikan dari 100 % semua order di Original Mutiara, Perhiasan emas menduduki peringkat pertama dengan presentasi 65 %. Perhiasan Perak 20 %,dan sisanya 15 % didominasi oleh kategori perhiasan Full Mutiara Tawar, Laut, perhiasan rhodium, dan stenlis.
.

Perhiasan emas yang harganya setiap waktu dapat berfluktuatif (berubah)
.

5
Cari Informasi Tentang Sistem Jaminan Kualitas Produk Emas dari Toko Lain.


  • Sebelum anda melakukan deal dan fixx order kepada salah satu penyedia perhiasan mutiara online atau toko online, maka sebagai anjuran sebaiknya anda melakukan survey dan mencari informasi terkait dari toko online lain-nya, agar anda menemukan beberapa point plus yang membuat anda melakukan keputusan dimanakah hendak order perhiasan emas. Banyak hal yang menjadi pertimbangannya, contohnya seperti : sejauh manakah si Toko Online tersebut memberikan jaminan dan garansi tentang emas di jual nya, apakah si Toko Online tersebut memiliki reputasi yang baik tentang kebenaran dan kesesuaian kadar emasnya, juga dari model pilihan perhiasan emasnya, biasanya toko online yang profesional itu memajang display produknya yang merupakan hasil-hasil jadi pesanan konsumen terdahulunya, itu menggambarkan secara real tentang model yang akan diordernya memang sudah dibuatkan dan modelnya sangat persis 100 % dengan di gambar.
.

Perhiasan emas yang harganya setiap waktu dapat berfluktuatif (berubah)

.

  • Perhatikan juga reputasi Toko Online yang akan anda order dari history pengiriman order nya, Toko Online profesional biasanya mempublikasikan resi pengiriman barang kepada konsumennya, hal ini perlu utk mengetahui keberadaan barang dan kiriman agar dapat di pantau.  Menjadi Point Plus pada Toko Online jika mereka sudah mempunyai 'Verifikasi dari Pihak ke-3 , artinya dari badan/bagian komunitas online yang merekomendasikan online ybs telah lulus verifikasi, Toko Online Original Mutiara sendiri Alhamdulilah menjadi Pionner, menjadi Toko Online Perhiasan mutiara yang pertama kali meraih Verifikasi dari komunitas veridikasi toko online terbesar dan berpengalaman seperti Piresta ~ Sahabat Toko Online Indonesia yang menjadikan Original Mutiara Toko Online terverifikasi Trusted Store, adapun metode test verifikasi dilakukan degan beberapa motede yang ilmiah, akuntabel dan dapat ditelusuri. 
.

Demikianlah artikel tentang "Tips Membeli Perhiasan Emas",  semoga dengan dipublikasikan tulisan dan artikel ini dapat menjadikan tambahan wawasan, khasanah dan pengetahuan bagi kita semuanya. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penyampaiannya. 
.
 Honest is The Most Important Value,   Enjoy & Happy Shopping Everyone ... !
.
Mataram 27 Maret 2016
.
Penulis 
ARIEF RAHMAN HAKIM 
Owner Original Mutiara
.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar