Kamis, 31 Maret 2016

Kerang Margatifera Adalah Penghasil Mutiara Air Tawar

Kerang Margatifera Adalah Penghasil Mutiara Air Tawar





Kerang Penghasil Mutiara Air Tawar
         Kerang mutiara air tawar adalah kerang penghasil butir-butir mutiara air tawar, kerang yang habitat hidupnya di Perairan Tawar (Non Laut), kerang jenis ini memiliki nama ilmiah Margatifera margatifera, salah satu jenis species yang terancam punah, jenis moluska dan termasuk ke dalam Family Margaritiferidae. Jenis species kerang lainnya yang dapat menghasilkan butir mutiara air tawar adalah Hyriopsis dan Amblema, habitat asli penyebarannya di Wilayah Asia dan Amerika Utara, kedua jenis species tersebut memiliki keterkaitan dengan family Unionidae. 
.
.
    Ciri dari kerang mutiara air tawar ini adalah memiliki cangkang nacre yang tebal, nacre adalah istilah dalam kekerangan yang artinya induk/ibu dalam lapisan mutiara (Mother of Pearl). Kerang mutiara jenis ini mampu menghasilkan butir mutiara yang indah dan berkualitas, untuk sekali siklus produksi-nya (panen) dalam 1 (satu) induk tubuh kerang dapat menghasilkan 5-7 butir hingga belasan butir mutiara air tawar. 
.
.
.
 Kerang mutiara air tawar adalah termasuk ke dalam hewan air invertebrata, seperti hal-nya jenis hewan air moluska kerang mutiara air tawar memiliki 2 (dua) cangkang yang simetris, memiliki engsel yang dapat membuka dan menutup untuk melindungi tubuh-nya dari hewan pengganggu (predator), cara makan dan kebiasan hidupnya adalah menempel pada substrat, dan memakan jenis-jenis plankton (fitoplankton & zoo plankton) dengan cara menyerap/menyedot (filter feeder).               
.
.
 Ciri lainnya dari kerang mutiara tawar ini adalah memiliki cangkang yang berwarna coklat kekuningan, pada umur kerang muda berwarna gelap yang mengidentifikasikan patokan umur dari kerang tersebut. 
.
Habitat penyebaran hidup kerang mutiara air tawar ini terdapat di sungai-sungai, rawa, dan danau. Kedalaman air tempat optimal bagiinya pada kedalaman antara 0,5 m s/d 2 meter, dasar perairan yang didominasi kerikil dan pasir sangat baik utk perkembangan hidup kerang mutiara tawar ini, karena jika dasar perairan didmonisasi oleh lumpur maka aliran lalu lintas pasokan oksigen di dasar perairan menjadi kurang lancar distribusinya.
.
.
.
  Demikianlah artikel tentang " Jenis Kerang Mutiara Air Tawar ", semoga bermanfaat, memberikan khasanah dan wawasan bagi kita semuanya. Kritik & saran tarkait artikel ini kami selalu harapkan.  Data sumber dari : Wikipedia. 
.
 Mataram - Lombok, 27 Maret 2016








.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar