Kamis, 04 Februari 2016

Tips-Membedakan-Jenis-Mutiara-Pada-Perhiasan-Perak

Tips-Membedakan-Jenis-Mutiara-Pada-Perhiasan-Perak •


 Perhiasan Mutiara Lombok, Mutiara Laut, Air Tawar | OriginalMutiara.com



Tips Membedakan Mutiara Laut & Mutiara Tawar Pada Cincin Perak.  Bagi calon konsumen yang masih belum "familiar" dan tergolong penggemar baru pada perhiasan mutiara, mungkin ada yang masih bingung untuk mengetahui spesifikasi jenis mutiara pada suatu foto/gambar produk, mungkin selama ini anda berbekal kepercayaan kepada si Penjual dengan membaca spesifikasi pada dispay produk yang ditawarkan si Penjual, namun diluar itu perlu dan merupakan hal yang penting jika calon buyer (konsumen) sudah bisa mengetahui jenis mutiara pada suatu foto produk tanpa harus menanyakan langsung keterangannya pada si penjual ybs. Berikut di bawah ini akan di share beberapa tips bagaimana cara untuk mengetahui jenis mutiara pada perhiasan yang terdisplay. Pada artikel kali ini, produk yang akan kita berikan contohnya yaitu Cincin Rangka Perak, Mutiara Laut dan mutiara air tawar, berikut di bawah ini pemaparannya.  
.
Review
Pada gambar di bawah ini terdapat 2 buah rangka perak, dan masing masing 2 butir mutiara laut warna putih dan cokelat serta 2 butir mutiara air tawar warna putih dan cokelat.  Dari model gambar tersebut akan kita klasifikasikan dan amati beberapa perbedaannya agar kita dapat mengetahui perbedaan mutiara laut dan mutiara air tawar.
 
 
Gambar 1
 
.
Ket Gambar 1.
Terdapat 2 (dua) rangka cincin perak, dan 4 butir mutiara.  Pada angka no,1 adalah mutiara air tawar (fresh water pearl) warna putih bentuk bakpau (Terlihat penampakan dari atas seperti bentuk bulat sempurna), angka no. 2 adalah muiara laut (sea water pearl) warna putih bentuk bulat (round). no.3 adalah mutiara air tawar warna cokelat bentuk bakpau, no.4 mutiara laut warna cokelat bentuk bulat. 
..
Fact to Fact.  Biasanya perhiasan perak, khususunya cincin yang saat ini populer dalam kombinasi mutiaranya memakai mutiara air tawar bentuk bakpau, namun tidak sedikit sebagian konsumen yang request (permintaan) yaitu mutiara air tawar-nya diganti dengan mutiara air laut bentuk bulat, dan untuk harganya akan menyesuaikan dengan jenis mutiaranya. 
...
Fact to Fact.  Bentuk mutiara air tawar yang dipakai pada perhiasan perak, khususnya cincin perak adalah mutiara tawar yang berbentuk bakpau, pertimbangan memakai bentuk mutiara bakpau ini adalah untuk menekan biaya operasional sehingga harga jualnya tidak mahal. Cincin perak selain memakai mutiara bentuk bakpau juga dapat pakai mutiara air tawar bentuk oval/lonjong, juga bisa pakai mutiara bentuk bulat, yang biasa kita sebut dengan "mutiara tawar super", namun harga mutiara tawar lonjong & bulat super itu lebih mahal daripada mutiara tawar bentuk bakpau. 
...
Fact to Fact.  Perbedaan yang paling mencolok terlihat antara mutiara tawar putih dan mutiara laut putih pada Gambar 1 adalah dari warna, mutiara tawar relatif putih dove dengan sinar pantulan (kemilau) yang kurang bersinar, sedangkan mutiara laut memiliki daya pantul yang maksimal dan bersinar.. 
...
Fact to Fact.  Perbedaan yang paling mencolok terlihat antara mutiara tawar cokelat dan mutiara laut cokelat pada Gambar 2 adalah dari warna, yaitu mutiara tawar relatif cokelat tua dengan sinar pantulan (kemilau) yang kurang bersinar, sedangkan mutiara laut memiliki daya pantul yang maksimal dan bersinar..
..
Fact to Fact.  Ukuran mutiara air tawar relatif lebih kecil dengan denga berat lebih ringan daripada mutiara air laut.


Gambar 2
..
Ket Gambar 2.  No 1 dan no 3 adalah mutiara air tawar dan no.2 dan no.4 adalah mutiara air laut. Posisi mutiara tawar dan mutiara laut yang pengambilan gambarnya  dari arah depan untuk melihat perbedaan dari bentuknya, terlihat mutiara air tawar jika dilihat dari depan / samping berbentuk bakpau (bentuk yang sebenarnya), sedangkan mutiara air laut walau di ambil dari beberapa sudut pandang tetap berbentuk bulat karena bentuk sebenarnya bentuk bulat. Perlu diketahui bersama pengertian "bentuk yang sebenarnya" yaitu mutiara air tawar bentuk bakpau jika dilihat dari atas akan terlihat bulat, namun bentuk sebenarnya adalah bentuk bakpau.  




Gambar 3
..
Ket Gambar 3.  Mutiara air tawar (A) dan mutiara laut (B) terlihat jelas perbedaannya dari mulai bentuk, sinar dan warna nya. Mutiara laut lebih unggul dalam kualitas dan lebih menarik dari penampilan fisiknya dan hal tersebut mempengaruhi harganya, mutiara air laut harganya jauh lebih mahal daripada mutiara air tawar. 
Fact to Fact.  Untuk harga jual mutiara air tawar memakai hitungan harga per pcs/butir/item barang sedangkan mutiara laut dijual dengan hitungan per gram, yang artinya berapa gram berat dalam per butir kemudian dikali kan dengan harga per gramnya.




Gambar 4
 
 
Ket Gambar 4.  Contoh mutiara tawar (A) dan mutiara laut (B)  yang sudah dipasang pada cincin rangka perak.  .
..
Fact to Fact.  Mutiara air tawar hadir dalam pasar "Perhiasan Mutiara Lombok" walaupun mutiara air tawar tersebut bukan berasal dari Pulau Lombok, mutiara air tawar datang dari Negeri Tirai Bambu (Tiongkok), kemudian butir butir mutiaranya tersebut disandingkan dengan rangka seperti perak yang asli buatan tangan pengrajin handmade lokal (Sekarbela-Lombok). 
..
Fact to Fact.  Pada awal-awal kehadiran mutiara air tawar di Pulau Lombok sempat membuat geger pasar mutiara laut, karena dari harga sangat jauh lebih murah dari mutiara laut, walaupun kehadiran mutiara air tawar sempat diperdebatkan pada saat itu namun pada akhirnya jenis mutiara air tawar dapat dipertahankan dan berjalan bersamaan dengan mutiara laut. Keduanya tidak saling bersaing, pasar mutiara tawar dan mutiara laut memiliki pangsa tersendiri dan saling ter-subtitusi.
..
Kondisi sinkronisasi demikian karena spesifikasi mutiara tawar tidak "menyaingi mutiara laut", berikut beberapa contohnya :
..
a. Pada mutiara air tawar terdapat bentuk bakpau sedangkan mutiara laut jarang sekali bentuk bakpau.
b. Pada mutiara laut terdapat bentuk bulat dengan berbagai macam ukuran, sedangkan pada mutiara air tawar yang memiliki bentuk bulat itu jarang digemari baik dari stok maupun dari permintaan pasar. 
c. Pada mutiara laut terdapat bentuk baroq (bentuk tidak beraturan) sedangkan pada mutiara air tawar tidak tersedia bentuk baroq layaknya baroqnya mutiara laut. 
d. Pada mutiara air tawar terdapat bentuk lonjong/oval dengan beberapa variasi warna seperti putih, oren, pink, silver, hitam, dll sedangkan pada mutiara laut bentuk lonjong variasi warnanya tidak sebayak variasi mutiara air tawar. 
..
Fact to Fact.  Mutiara air tawar dipertahankan keberadaannya karena sebagai pilihan alternatif bagi para kalangan konsumen, dengan harga yang terjangkau serta tetap menjaga "nilai keasliannya sama halnya seperti mutiara air laut yang berasal dari kerang mutiara.
 


Gambar 5
Ket Gambar 5.  Butir mutiara tawar (A) dan butir mutiara laut (B). Biasanya ukuran diameter mutiara air tawar yang biasa dipakai untuk perhiasan perak, seperti cincin adalah yang berukuran diameter 6-7 mm, ukuran tersebut dibawah ukuran mutiara laut yaitu 8,6 cm (Lihat Gambar 5).


 
 
Gambar 6
..
Ket Gambar 6.  Butir mutiara tawar warna cokelat (A) dan butir mutiara laut warna cokelat (B). Biasanya ukuran diameter mutiara air tawar yang biasa dipakai untuk perhiasan perak atau emas, adalah yang berukuran diameter 6-7 mm untuk mutiara air tawar dan up 6-7 mm untuk ukuran diameter mutiara laut.
 
 
 

Gambar 7
..
Ket Gambar 7.  Contoh mutiara air tawar yang sudah dipasang pada rangka cincin perak handmade (A) dan mutiara laut pada huruf (B). Untuk melatih anda dalam membedakan mana mutiara tawar dan mutiara laut, dapat dicoba : Ambilah selembar kertas dan bullpoint, lalu tuliskanlah perbedaan-perbedaan yang terlihat pada gambar 7, tuliskan sebanyak-banyaknya perbedaan tersebut, seiring berjalannya waktu dan intensitas kita melihat gambar maka akan terbentuk sendiri "feel membedakan mutiara tawar dan laut melalui gambar. 
...
Demikianlah tips dan artikel "Membedakan mutiara air tawar dan mutiara air laut", dari lubuk hati yang paling dalam admint selaku penulis meminta maaf sebesar-besarnya jika ada salah-salah kata, salah persepi dengan apa yang telah admin paparkan diatas. Kritik dan saran kami selalu mengharapkannya. 
..
Mataram 4 Februari 2016
Owner OriginalMutiara
ARIEF RAHMAN HAKIM
 
 
Salam Owner Original Mutiara


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar