Rabu, 17 Februari 2016

Contoh Tanya Jawab Order di OriginalMutiara

Layanan Konsumen Original Mutiara
..
Contoh Pelayanan Konsumen Via BBM . Dibawah ini akan di share contoh percakapan yang dilakukan admin original mutiara dengan calon konsumen yang hendak order, hal ini perlu disampaikan karena ada beberapa istilah dan kalimat yang kadang jika konsumen baru mungkin belum faham betul, berikut pemaparannya.
.
Review
Pada pemaparan artikel kali ini ditampilkan dalam bentuk dialog (tanya jawab) antara Penjual dan Pembeli yang perbincangannya dilakukan melalu media real chat sepeti BBM, WA. LINE dan lainnya. Resfon yang dilakukan admin pada pertanyaan-pertanyaan dari Calon Konsumen tersebut ditampilkan dalam kalimat / kata / istilah yang singkat umumnya chatt via BBM. Meskipun resfon dan kalimat balasan dari admin tidak spesifik dan tidak terperinci, namun semua statementnya tersebut sesuai dengan "Aturan dan Sistem" Toko Online Original Mutiara yang sebelumnya telah terposting dan terpublikasikan di Website. Berikut Dialognya :
.
Konsumen :  Salam, saya Ibu Lina Novita di Lahat - Palembang, saya ada rencana order Perhiasan Emas, Mutiara Laut, Namun sebelumnya saya mau tanya-tanya dahulu... Kemudian saya sudah ada foto model perhiasan yang akan saya pesan/order, kebetulan foto/gambarnya tersebut saya dapat bukan dari OriginalMutiara. Sebelum saya kirimkan fotonya saya ingin bertanya berapa harga emas kuning 22 k (91,6%) dan harga mutiara laut warna Gold Grade AAA, kemudian bagaimana sistem pemesananya dan berapa lama prosesnya, dan apalah nanti saya dapat sertifikat nya.
...
Admin :  Salam kenal, Ok tidak masalah mengenai model/foto bukan bersumber dari OriginalMutiara. untuk harga emas 22 k, 495 rb/gr, ML 350 rb/gr.   Untuk cara ordernya dengan melakukan transfer pembayaran DP minimal 60 % dari total nilai pesanan, transfer ke salah satu norek kami, Proses pengerjaan model yang telah ibu sampaikan membutuhkan waktu maksimal 10 hari kerja terhitung mulai waktu DPnya Produk dilengkapi dengan Nota Order, ID Member, Point Member, Sertifikat, Garansi Keluhan, Kotak Perhiasan, serta .Tas Souvenir.
.
Penjelasan Rinci dari Resfon Admin di atas :
.
Bukan bersumber dari OriginalMutiara =  Untuk sumber foto model pesanan yang akan di order konsumen tidak meski harus bersumber dari kami, konsumen dapat merequest model pesananya dari sumber lain. 
Harga Emas 22 k, 495 rb/gr = Harga Emas Kuning Per Gram kadar 22 k atau setara dengan kandungan emas murni minimal 91,6%. Harga emas yang admin sampaikan adalah harga update sesuai dengan waktu yang ditanyakan konsumen ybs, Perlu diketahui bersama bahwa harga emas setiap waktunya berfluktuatif, maka apa yang disampaikan hari ini mengenai harga emas tentunya bisa jadi berbeda dengan harga emas pada esok atau di masa waktu yang akan datang, bisa jadi turun atau naik dari harga waktu sebelumnya.  Kemudian pada contoh di atas Admin hanya menulis "Harga Emas 22 k, 495 rb/gr", Sekedar informasi bahwa Emas kadar 22 k asumsi admin tersebut adalah Emas kadar 22 k dengan kandungan presentasi emas murninya minimal 91,6%, menurut sepengatahuan Admin terdapar Emas dengan Label dan sebutan kadar 22 k akan tetapi kandungan emas murninya adalah dibawah 80 % alias emas kadar muda, hal ini lumrah di beberapa tempat di Indonesia tentang kadar emas tentunya berbeda presentasi emas murninya. 
.
Sebagai contoh di Daerah Pulau Jawa di beberapa kota untuk Perhiasan Emas dengan kadar 22 k, lengkap dengan bandrol merah kertas "22k", akan tetapi kandungan emas murninya lebih rendah dari kandungan emas murni asumsi 22 k yang Admin jelaskan di atas yaitu dengan presentasi -+ minimal 91,6 %. Selain perbedaam dari presentasi emas murninya antara kedua jenis emas tersebut juga indikator lainnya dapat dilihat dari perbedaan harga emas per gramnya yang selisihnya berbeda jauh. Emas Lombok dengan "Jagron HandMade" nya memang sudah terkenal karena harga yang diimbangi dengan kualitas dan kadar nya yang tinggi.
.
.
ML 350 rb/gr  = Harga Mutiara Air Laut Grade AAA/A (Fine), harga merupakan per gram mutiara, Untuk cincin biasanya dan standarnya memakai mutiara yang berukuran berat 2 graman dengan diameter mutiara -+ 12 mm, maka cara menghitungnya adalah : 2 gr x Rp.350.000 = Rp.700.000 untuk harga mutiara laut saja (belum termasuk harga rangka emas dan biaya ongkos pengrajin).
Pada penjelasan singkat dari Admin pada contoh di atas tidak terperinci menjelaskan Grade Mutiaranya apakah Grade AAA, AA atau A, karena sekedar informasi untuk produk cincin emas dan juga berdasarkan pengalaman menghadapi konsumen selama ini : Jenis dan Kualitas Mutiara laut yang akan dipasang pada rangka emas itu memakai Grade yang terbaik alias Grade AAA / Grade A (Fine), Terlebih jika konsumen menginformasikan sebelumnya tentang Grade Mutiara yang di minta seperti contoh dialog di atas, jikapun konsumen tidak informasikan Grade yang diminta, maka Admin akan memberikan harga mutiara laut dengan asumsi Grade Terbaik atau AAA.
.
Perlu juga diperjelas mengenai kalimat " Grade Terbaik" maksud dari statement tersebut adalah Mutiara Laut grade dan kualitas terbaik dari Toko Online Admin, bukan berarti "Grade Terbarik" di artikan Grade Terbaik di Lombok, Indonesia atau di Dunia. Hal ini perlu diketahui calon konsumen, karena Grade Dan Kualitas Mutiara pada setiap toko memiliki penafsiran dan asumsi yang berbeda beda pula, hal ini sependapat dengan statement stakeholder Perhiasan Mutiara Dunia seperti : Mikimoto, PearlParadise, PearlGuide, dan lainnya.
..
Kemudian terkait dengan harga mutiara diatas, adalah harga mutiara laut warna Gold, sesuai yang diinformasikan Calon Buyer. Hal lain yang perlu diketahui bersama yaitu mengenai asumsi warna mutiara laut "Gold", asumsi warna gold yaitu warna kuning matang, atau bisa jadi gold warna kuning seperti logam emas, hal ini perlu diperjelas lagi oleh konsumen ybs..
..
Transfer ke salah satu norek kami  =  Pembayaran dengan transfer ke salah satu akun rekening Bank yang telah kami sediakan di Website, seperti Rekening Bank BRI, BNI. BCA serta Mandiri. Jika konsumen belum mengetahu akun number rekening kami yang telah kami pasang di Website maka bisa ditanyakan kembali melalui SMS,BBM,WA.Line dan lainnya, pastinya informasi nomor rekening yang akan kami berikan tersebut adalah sama/sesuai dengan nomor rekening yang terdapat pada Website, karena setiap waktunya update, jika salah satu akun rekening tidak aktif maka kami akan segera mengupdate nya di Website.
.
Proses Membutuhkan waktu maksimal 10 hari kerja terhitung mulai waktu DPnya  = Barang pesanan akan selesai dikerjakan dan siap kirim dalam waktu maksimal (paling lambat 10 hari kerja terhitung mulai dari waktu DP nya).  Perlu diperjelas mengenai kata "Maksimal / Paling Lambat" yaitu waktu mentok yang paling lama, maka dapat disimpulkan bisa jadi pesananya selesai dan siap kirim dalam jangka waktu kurang dari 10 hari, seperti dalam 3-4 hari.  Juga terkadang proses pengerjaan terjadi "meleset waktu perkiraan, yang awalnya diperkirakan 10 hari bisa jadi mundur dari 10 hari, hal tersebut dapat dimaklumi dan kembali kepada Kebijakan Konsumen, kami menerapkan sistem cancel dan refund dana DP jika pesanan meleset dari yang diperkirakan, untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem "Refund" dapat anda kunjungi : http://bit.ly/Refund-OML

..
Pembayaran DP minimal 60 % dari total nilai pesanan =  Sistem Pembayaran Order yang berstatus indent (tidak ready stock) dengan cara melakukan Panjer, Uang Muka (DP) adapun nilai nya yaitu minimal 60 % dari nilai total barang. Contoh : Nilai barang 2 jt maka dp pesanan sebesar minimal 60 % atau sebesar 1,1 jt. Konsumen juga dapat membayar full dari yang telah di estimasikan yaitu Rp.2 jt, namun perlu dinformasikan sebelumnya bahwa nanti hasil jadi pesanan bisa jadi akan berbeda dari estimasi awal, artinya akan ada selisih berat emasnya, adapun selisihnya tersebut tidak akan  berbeda jauh dari yang di Estimasikan sebelumnya, karena pembuatan perhiasan emas dilakukan secara tradisional manual alias keahlian tangan pengrajin (HandMade) maka hasil jadi pesanan tidak bisa dijamin 100 % berat emasnya sama persis dengan estimasi awal, misalnya estimasi awal pembuatan cincin dengan berat emas 2,000 gram, maka hasil jadinya bisa jadi dengan berat emas 1,980 gram atau 2,020 gram, adapaun nilai selisihnya tersebut akan diperhitungkan sesuai harga emas sesuai pesananya.
.
Setelah proses pengerjaan selesai dan perhiasan mutiara yang dipesan konsumen siap kirim, maka kami akan menginfomasikannya, adapun yang kami sampaikan meliputi : Hasil Jadi Pesanan seperti berat emas, berat mutiara, serta foto nya. Perlu kami tegaskan kembali mengenai harga nya tidak akan ada perubahan harga baik harga emas, mutiara maupun biaya ongkos pembuatannya, semuanya sesuai dengan rincian awal seperti pada contoh dialog diatas, namun yang perlu diketahui adalah tentang "selisih berat emas" hasil jadinya seperti yang telah dibahas di atas . Selanjut sekedar informasi bagi anda, Original Mutiara memberlakukan sistem cancel pesanan jika konsumen kecewa pada hasil jadi pesanan yang tidak sesuai dengan permintaan, contohnya dari model pesanan atau perbedaan selisih berat emas yang terlalu banyak sehingga membuat harga pesanan menjadi lebih mahal jauh dari yang diperkirakan. 
Jika semuanya lancar, konsumen puas dengan hasil jadi pesanannya maka konsumen segera untuk melakukan sisa pembayarannya agar pesananya dapat kami kirim.
..
.
Nota Order, ID Member, Point Member, Sertifikat, Garansi Keluhan, Kotak Perhiasan, serta .Tas Souvenir. =   Dalam setiap order perhiasan mutiara yang dilakukan konsumen akan dilengkapi dengan Nota Order, layaknya anda seperti order langsung di Toko-Toko Emas Mutiara Offliine/Fisik, pada nota order yang kami miliki terdapat : Keterangan Nama & Alamat konsumen, spesifikasi & keterangan produk yang di ordernya, ID Member sebagai identitas konsumen kami, sertifikat yang fungsinya sebagai statement tertulis dari kami bahwa barang yang kami jual sesuai adanya dan jika dikemudian hari terjadi hal ketidaksesuaian dengan apa yang telah kami statementkan maka Konsumen berhak untuk klain dan konfirmasikan keluhan tersebut. Selain surat surat yang lengkap juga produk yang kami kirim akan selalu dilengkapi dengan Kotak Perhiasan sertan tas souvenir khas "OriginalMutiara.
.
.
Konsumen.  Baik, sebentar saya akan kirimkan fotonya,... request pesanan saya adalah bahan rangka emas kuning 22 k (91,6%), mutiara laut gold grade AAA/A (Fine). Ukuran ring cincin no.17.  Berikut foto model cincin yang akan saya pesan :
Layanan-Konsumen-OriginalMutiara
...
Admin.  Oke gambarnya sudah diterima. Untuk Estimasi Rinciannya : BE 6 gr x 495 + OP 250 + ML 2,8 gr = Total 4.060.000
.
Penjelasan Rinci dari Resfon Admin di atas : ..
Rinciannya : BE 6 gr x 495 + OP 250 + ML 2,8 gr x 300.000 = Total 4.060.000 = BE adalah kepanjangan dari Berat Emas Total Yang dibutuhkan untuk membuat cincin, kemudian di kali harga emas per gram yaitu Rp.495.000,- itu merupakan harga per gram pada saat konsumen bertanya, kemudian "OP" adalah kepanjangan dari Biaya Ongkos Pengrajin (Ongos Panday Emas dalam pembuatan rangkanya) dihitung dalam satuan per pcs cincin. Kemudian "ML" adalah berat mutiara 1 butir yang akan dipasang pada cincinnya, pada contoh diatas dikali dengan harga 300.000 maka harga per gram mutiara lautnya adalah Rp.300.000,- per gram.
..
Konsumen.  Oke.. sudah sangat jelas dan terperinci.. Besok saya akan konfirmaskan jika sudah Transfer . Terima Kasih.
.
Admin  Oke.. Terima kasih sebelumnya. Salam.
Demikianlah artikel "Contoh dialog layanan konsumen OriginalMutiara" semoga bermanfaat.
..
Mataram 16 Februari 2016
Owner OriginalMutiara
ARIEF RAHMAN HAKIM
Salam Owner Original Mutiara
..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar